Jumlah Hakim Nakal di PN Surabaya Yang Dilaporkan Ke KY Makin Banyak

“Kenakalan” oknum penegak hukum juga menjalar sampai masuk ke ruang pengadilan dan merasuki hakim. Komisi Yudisial (KY) mengaku menerima banyak laporan terkait hakim nakal yang ada di Jawa Timur dan yang paling banyak adalah laporan hakim nakal di PN Surabaya. Asisten Kordinator KY Jatim, Ragil Kusnaningrini mengungkapkan "Kalau PN Surabaya jumlah pelanggarannya 75 persen dari pengaduan,"ungkap Ragil di PN Surabaya, (17/9/2014).

Sepanjang tahun 2014, terhitung mulai bulan Januari hingga September,  jumlah laporan hakim nakal di Jatim yang masuk ke kantong Komisi Yudisial (KY) meningkat drastis dibandingkan dengan tahun 2013. Berdasarkan data yang dimiliki KY, ada sekitar 26 hakim yang telah dilaporkan oleh masyarakat ke KY Jatim. Laporan tersebut Menyangkut Perilaku hakim (PH) dan pelanggaran hukum acara (PHA).
   
"Tahun 2013 ada 4 hakim yang dilaporkan ke kami, sedangkan sepanjang 2014, ada 26 laporan dari masyarakat terkait pelanggaran PH dan PHA,"jelas Ubed Bagus Razali, Asisten Koordinator  Komisi Yudisial (KY) Jatim. Selain dari laporan masyarakat, KY Jatim juga menemukan  13 hakim nakal  di Jatim yang telah dilaporkan ke KY Pusat."Yang 13 ini hasil dari laporan inisiatif KY Jatim," ungkapnya. (bj/SiarPos)

0 komentar: