Hikmah Dari Perjalanan Sjarah Yang Tak Jelas

Jika sejarah dianggap sebagai salah satu paradigma dalam membangun bangsa, maka tragedi  G 30 S 1965 menjadi matarantai yang tak jelas. sejarah telah merangkum dengan baik catatan perjalanan suatu bangsa dan ini yang layak untuk dicermati dan dijadikan sebagai suatu pelajaran untuk melangkah ke depan. Karena itu Pemerintah,  Sejarawan dan para pengajar sejarah bertanggung jawab secara moral untuk memberikan informasi yang tepat dan akurat tentang tragedi G 30 S 1965.

Sejauh ini pelajaran yang bisa kita petik dari tragedi tersebut dengan tidak apriori terhadap pihak tertentu adalah pada prinsipnya  bermuara pada perebutan kekuasaan. Dengan mengabaikan ketentuan-ketentuan konstitusional, kekuasaan hanya akan mengakibatkan korban terbanyak pada masyarakat dan imbas kontra produktif yang berkepanjangan.

Meskipun peristiwa tersebut menjadi bagian dari sejarah bangsa yang dibayangi dengan ketidakjelasan, selalu akan ada hikmah yang kita ambil dari peristiwa tersebut, yakni pelihara dan kembangkan terus wawasan berdemokrasi agar kekuasaan tetap berada di tangan rakyat, agar rakyat tidak terus menerus tercatat sebagai korban dalam sejarah perjalanan bangsa. (dt)

0 komentar: