Kanker Serviks Perlu Deteksi Sedini Mungkin

Apa yang perlu diketahui tentang kanker serviks ? Semuanya ! Sebagai penyakit ganas yang hanya menyerang kaum wanita maka informasi tentang jenis kanker  ini harus diketahui secara menyeluruh. Tetapi semua informasi tersebut tidak bisa sekaligus dituangkan dalam satu artikel, selain terlalu panjang juga akan membuat pemahaman pembaca menjadi kurang intens sehingga manfaatnya pun menjadi kurang optimal.

Bagaimana keganasan kanker ini akan lebih mudah dimaklumi dengan memperhatikan informasi yang disampaikan oleh WHO. Menurut World Health Organization atau badan kesehatan dunia tersebut setiap tahun terdapat 490.000 wanita didunia yang terkena kanker serviks. Setiap menit seorang wanita terserang kanker serviks dan setiap dua menit seorang wanita meninggal akibat penyakit kanker tersebut.

Dikutip dari MamaCantik. web.id, di Indonesia diperkirakan setiap hari terdeteksi sekitar 40 wanita yang terserang kanker serviks dan sekitar 20 wanita meninggal dunia. Artinya, setiap bulan rata-rata 600 wanita meninggal akibat serangan kanker serviks. Jumlah itu masih belum termasuk penderita yang tinggal di pelosok dan desa-desa tertinggal yang masih belum memiliki akses pelayanan kesehatan yang layak.

Program pendeteksian kanker serviks di negara-negara berkembang biasanya dilakukan dengan tes Pap smear dan Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA). Program ini sangat efektif untuk mendeteksi dini wanita yang terserang kanker serviks sehingga mampun mengurangi mengurangi insiden kanker leher rahim yang invasif sebesar 50% atau lebih.

0 komentar: