Tugas DKP Kota Probolinggo Hanya Pembinaan Nelayan

Mulai Oktober 2016 mendatang tugas pengawasan serta konservasi laut Kota Probolinggo akan dikembalikan ke Provinsi Jawa Timur, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kota Probolinggo, hanya menjalankan tugas pembinaan kepada nelayan. Hal ini diungkapkan Kepala DKP Didik Sudiknyo, beberapa waktu lalu. Menurutnya, pemberlakuan UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang pemerintahan daerah, membuat pengawasan wilayah perairan Kota Probolinggo akan dialihkan ke provinsi.

“Wilayah laut memang beralih ke provinsi. Namun potensi Perikanan lain,seperti tambak dan kolam tetap dikelola daerah,” ujarnya. Pembagian tugas, akan berlaku setelah penyusunan zonasi wilayah perairan dan pulau-pulau terpencil selesai dilakukan  Pemprov Jawa Timur. Dalam penyusunan zonasi tersebut, DKP Kota Probolinggo menurut Didik, memberikan usulan kepada Provinsi tentang wilayah peruntukan wisata, konservasi dan Industri.

“Beberapa fungsi pengawasan pun telah beralih, Misalnya perizinan kapal-kapal dengan gross tonase diatas 10 GT dilakukan di provinsi,” ujarnya. Sementara itu, Kabid Pengelolaan Sumber Daya Kelautan (PSDK) Fitriawati mengungkapkan, penetapan zonasi baru dilakukan tahun depan. Setelah rencana zonasi wilayah perairan pesisir dan pulau-pulau kecil selesai disusun. “Nanti akan diatur melauli koordinator baru,” ujarnya. (beritametro)

0 komentar: